Situs ini menyajikan informasi lowongan kerja wilayah Jawa Timur & sekitarnya dari berbagai sumber dan perusahaan yang mengontak kami langsung. Seluruh isi/materi lowongan kerja maupun iklan bukan tanggungjawab kami. Untuk itu hati-hatilah terhadap iklan yang menyesatkan dan menjerumuskan.
Kami menerima pemasangan lowongan kerja gratis dari berbagai perusahaan dan pemasangan iklan gratis. Untik pemasangan lowongan kerja dan pemasangan iklan, silakan kirim email pada kami di: admin.jatimjob@gmail.com. Terima kasih

Sabtu, 11 Juli 2009

Kandidat seperti apa yang dicari oleh Perusahaan seperti Unilever?

Unilever mencari kandidat yang memiliki kombinasi lengkap mulai dari komitmen dalam menjalankan tugas, menunjukkan energi dan antusiasme dalam pekerjaan, kreatif, dan dapat bekerjasama untuk mencapai sebuah tujuan. Disamping itu seseorang harus memiliki integritas pribadi dan menetapkan standar profesional yang tinggi dalam bekerja.

Mengutip website Unilever global di www.unilever.com, kandidat yang dibutuhkan adalah seseorang yang memiliki “true combination” sebagai berikut:


1. Intelligence
2. Common sense
3. Maturity
4. Sensitivity towards others
5. High level of communication skills
6. Energy and commitment to the task at hand

Secara umum hampir semua perusahaan akan mencari kandidat yang menguasai keahlian di bidang keilmuannya ditambah skill-skill penunjang di dunia kerja seperti komunikasi, kemampuan memimpin dan dipimpin, mampu beradaptasi, serta memiliki keinginan untuk maju.

Bagaimana tingkat persaingan dalam proses rekrutmen sekarang ini?
Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini jauh lebih banyak pencari kerja ketimbang perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Dengan demikian, tingkat persaingan relatif semakin tinggi. Walaupun demikian, ternyata bagi perusahaan juga tidak mudah menemukan kandidat yang tepat meskipun sangat banyak calon yang tersedia. Ada hal yang menarik di sini, banyak pelamar kesulitan mendapat pekerjaan. Sementara banyak perusahaan juga kesulitan mencari kandidat yang tepat ditengah banyaknya pelamar yang tersedia di pasar kerja.

Sebuah perusahaan besar dapat menerima ribuan lamaran sepanjang tahun dan mungkin hanya puluhan saja yang akan diterima. Dengan demikian, seorang pelamar harus bisa menunjukkan dirinya lebih baik dan lebih tepat dibandingkan pelamar lainnya. Seringkali antar pelamar yang satu dengan yang lain tidak dapat menunjukkan kelebihan khusus yang dimilikinya sehingga mereka menjadi pilihan belakangan untuk direkrut.

Apa kelemahan lulusan kita saat ini?
Jika berbicara kelemahan, maka satu hal yang menjadi catatan adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Seorang lulusan dengan nilai hampir sempurna dan memiliki potensi tinggi tidak selalu bisa berkomunikasi dengan baik. Ada yang mengalami kesulitan menjelaskan apa-apa yang diketahuinya, dirasakannya dan diinginkannya secara gamblang dengan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.

Dengan demikian, potensi yang dimiliki seorang pelamar menjadi tertutupi dan tidak kelihatan. Nantinya dalam dunia kerja yang sesungguhnya, kemampuan komunikasi akan banyak membantu karena seringkali sebuah pekerjaan harus dikerjakan bersama oleh orang yang berbeda-beda dan saling terhubung satu sama lain. Kesulitan berkomunikasi akan menjadi penghambat yang serius.

Hal lain adalah kurangnya pengetahuan dasar atas bidang yang dipelajari pada masa kuliah. Seorang lulusan teknik mesin seharusnya bisa menjelaskan dasar-dasar ilmu mekanika di luar kepala. Sama halnya seorang lulusan ekonomi seharusnya juga mampu menjelaskan dasar-dasar dari bidang ekonomi yang dipelajarinya. Nah, banyak lulusan kita yang kadangkala tersandung di bagian ini. Dengan alasan “Wah saya sudah lupa, materi itu saya pelajari ketika tingkat satu dulu.”

Jika hal-hal yang dasar saja sudah tidak dikuasai, bagaimana dengan yang lebih kompleks?

Sumber: www.muhammadnoer.com












0 komentar:

Posting Komentar

 
Jatim Jobs - Lowongan Kerja Jawa Timur. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.